Naik KRD Ekonomi Pertama Menuju Padalarang

Hari ini, Sabtu, 7 Januari 2012, saya hendak pergi jalan-jalan ke Kabupaten Cianjur. Untuk menuju ke sana, saya sudah berencana untuk menaiki kereta api lokal trayek Padalarang-Cianjur. Sebelumnya, kereta api lokal ini melayani trayek Ciroyom-Lampegan-Sukabumi. Namun, kini, tinggal trayek Padalarang-Cianjur saja.

Pagi itu, tepat pada pukul 05.54 WIB, saya baru saja tiba di Stasiun Bandung. Setibanya di Stasiun Bandung, saya segera bergegas untuk membeli tiket/karcis untuk tujuan Stasiun Padalarang. Saya mendapatkan tiket/karcis Kereta Rel Diesel (KRD) Ekonomi trayek Cicalengka-Padalarang dengan tulisan “Bandung-Padalarang” seharga Rp 1.000,- (seribu rupiah).

Di dalam Stasiun Bandung, ternyata sudah tampak dua KRD Ekonomi yaitu KRD Ekonomi Padalarang-Cicalengka dan KRD Ekonomi Cicalengka-Padalarang. Sesuai jadwal kereta api per 1 Desember 2011, KRD Ekonomi Cicalengka-Padalarang yang berangkat dari Stasiun Cicalengka pada pukul 05.05 WIB memang dijadwalkan tiba di Stasiun Bandung pada pukul 05.53 WIB. Sementara dengan jadwal yang sama, KRD Ekonomi Padalarang-Cicalengka yang berangkat dari Stasiun Padalarang pada pukul 05.25 WIB dijadwalkan tiba di Stasiun Bandung pada pukul 05.58 WIB. Karena tujuan saya kali ini akan menuju Stasiun Padalarang, akhirnya saya pun menaiki KRD Ekonomi Cicalengka-Padalarang. Tepat pada pukul 06.05 WIB, KRD Ekonomi Cicalengka-Padalarang yang saya naiki mulai berangkat.

Seperti biasa, di dalam kereta api sudah ada para penjual makanan/minuman dan barang kebutuhan lainnya yang hilir mudik. Seorang penyapu sampah pun tidak ketinggalan. KRD Ekonomi Cicalengka-Padalarang yang saya naiki ini berhenti di setiap stasiun, kecuali Stasiun Andir. Stasiun-stasiun itu adalah Stasiun Ciroyom (pukul 06.11 WIB), Stasiun Andir (06.19), Stasiun Cimindi (06.23), Stasiun Cimahi (06.30), Stasiun Gadobangkong (06.36), dan terakhir di Stasiun Padalarang (06.45). Padahal, menurut jadwal, KRD Ekonomi Cicalengka-Padalarang yang berangkat dari Stasiun Cicalengka pada pukul 05.05 WIB ini direncanakan tiba di Stasiun Padalarang pada pukul 06.33 WIB.

Sesampainya di Stasiun Padalarang, saya segera mendekati loket tiket/karcis untuk membeli tiket/karcis Kereta Api Lokal Padalarang-Cianjur. Namun, petugas mengatakan belum bisa melayani karena saat itu masih melayani tiket/karcis KRD Ekonomi Padalarang-Cicalengka yang dijadwalkan berangkat pada pukul 07.30 WIB. Untuk mengisi waktu, saya berkeliling Stasiun Padalarang untuk melihat keadaan.

Satu rangkaian perjalanan (Sabtu, 7 Januari 2012): Bandung-Padalarang, Padalarang-Cianjur, Cianjur-Padalarang, dan Padalarang-Bandung.

Belum Ada Tanggapan to “Naik KRD Ekonomi Pertama Menuju Padalarang”

Tinggalkan Balasan

