Air Teh Tawar dan Air Teh Manis Rasa Kereta Api

Teh tampaknya menjadi salah satu komoditas yang berkaitan dengan sejarah kereta api. Ingatlah jaman dahulu ketika jalur perkeretaapian dibuka di Indonesia. Pada saat itu, kereta api digunakan untuk mengangkut komoditas, seperti kopi, teh, dan tebu, bukan?

Di Jawa Barat, hasil perkebunan teh diangkut dengan menggunakan kereta api. Karenanya tidak heran jika anda bertamu ke rumah “orang Sunda” selalu disajikan air teh tawar sebagai jamuannya. Hal ini berbeda dengan Jawa Tengah atau Jawa Timur. Di kedua wilayah ini, kereta api menjadi sarana angkutan untuk mengangkut tebu. Tebu kan untuk pembuatan gula? Nah, air teh manis inilah yang biasanya disajikan oleh tuan rumah.

Jadi, kalau anda bertamu disajikan air teh tawar oleh tuan rumah, baik di Jawa Barat maupun di Jawa Tengah/Jawa Timur, boleh jadi pihak yang menjadi tuan rumah adalah orang Sunda. Dan saat itu, daerah Pangalengan dan Ciwidey merupakan daerah penghasil teh. Saat ini, anda tentu masih menikmati perkebunan teh di tanah priangan itu, bukan?

Belum Ada Tanggapan to “Air Teh Tawar dan Air Teh Manis Rasa Kereta Api”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: