Nama-nama Stasiun yang Melintasi Jalur Rel Kawasan Bandung Raya

Jalur rel kereta api di kawasan Bandung Raya tampak khas. Jalur rel itu melintas dari arah barat ke arah timur atau sebaliknya dari arah timur ke arah barat. Hal itu tentu berbeda dengan masa lalu ketika ada jalur rel Rancaekek-Jatinangor-Tanjungsari misalnya. Saat itu, jalur rel di kawasan Bandung Raya bercabang.

Sampai saat ini, setidaknya ada 24 stasiun (atau halteu) yang melintasi jalur rel di kawasan Bandung Raya (ditulis dari barat ke timur) yaitu: Stasiun Padalarang, Stasiun Gadobangkong, Stasiun Cimahi, Stasiun Cimindi, Stasiun Andir, Stasiun Ciroyom, Stasiun (Hall) Bandung, Stasiun Cikudapateuh, Stasiun Kiaracondong, Stasiun Gedebage, Stasiun Cimekar, Stasiun Rancaekek, Stasiun Haurpugur, Stasiun Cicalengka, Stasiun Nagreg, dan Stasiun Lebakjero.

Sebelumnya, maksudnya sebelum Stasiun Padalarang, sebetulnya masih ada dua jalur rel lagi yaitu jalur rel Bandung-Cianjur-(Sukabumi)-(Bogor)-(Jakarta) dan jalur rel Bandung-Purwakarta-Karawang-Bekasi-Jakarta. Pada jalur rel Bandung-Cianjur (dari timur ke barat) terdapat Stasiun Tagogapu,Stasiun Cipatat, dan Stasiun Rajamandala. Sementara pada jalur rel Bandung-Jakarta (dari timur ke barat) terdapat Stasiun Cilame, Stasiun Sasaksaat, Stasiun Maswati, Stasiun Rendeh, dan Stasiun Cikadongdong.

Di antara Stasiun Lebakjero dan Stasiun Leles merupakan perbatasan antara Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut. Lalu, di antara Stasiun Cikadongdong dan Stasiun Cisomang merupakan perbatasan antara Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Purwakarta. Sementara di antara Stasiun Rajamandala dan Stasiun Ciranjang merupakan perbatasan antara Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Cianjur.

Belum Ada Tanggapan to “Nama-nama Stasiun yang Melintasi Jalur Rel Kawasan Bandung Raya”

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: