Dari Purwakarta ke Bandung Naik Kereta Api Lokal Purwakarta-Cibatu

Senin, 14 Mei 2012. Siang itu, saya berada di Stasiun Purwakarta selepas naik kereta api lokal Cibatu-Purwakarta. Tampaknya, di Stasiun Purwakarta, saya tidak memiliki waktu lama untuk beristirahat. Harap maklum, kereta api lokal Cibatu-Purwakarta baru tiba di Stasiun Purwakarta pada pukul 12.30 WIB. Padahal, kereta api lokal Cibatu-Purwakarta ini akan segera berangkat kembali pada pukul 13.00 WIB dan mengganti namanya menjadi kereta api lokal Purwakarta-Cibatu meskipun nama-nama kereta api lokal ini tertulis kereta api lokal Cibatu. Saya pun segera membeli tiket/karcis kereta api lokal Purwakarta-Cibatu dengan tujuan Bandung sebesar Rp 3.000,- (tiga ribu rupiah).

Meskipun kereta api lokal Purwakarta-Cibatu ini dijadwalkan berangkat pada pukul 13.00 WIB, kereta api lokal Purwakarta-Cibatu baru berjalan pada pukul 13.11 WIB. Seperti biasa, penjual makanan/minuman dan barang-barang kebutuhan lainnya hilir mudik. Sebagaimana dalam perjalanan sebelumnya, beberapa pengamen pun tampak enggan untuk berkeliling. Mungkin sebagai dampak hilir mudiknya security ya?! Sementara seorang penyapu sampah terlihat sebagaimana perjalanan dari (Cibatu)-Bandung-Purwakarta. Hilir mudiknya security tentu bukan hanya soal itu, tetapi juga soal pemeriksaan tiket penumpang.

Kereta api lokal Purwakarta-Cibatu yang saya naiki kali ini berhenti di setiap stasiun, kecuali Stasiun Andir. Kereta api lokal Purwakarta-Cibatu ini berhenti di Stasiun Purwakarta pada pukul 13.11 WIB, Stasiun Ciganea (13.24), Stasiun Sukatani (13.36), Stasiun Plered (13.34), Stasiun Cisomang (13.56), Stasiun Cikadongdong (14.06), Stasiun Rendeh (14.14), Stasiun Maswati (14.23), Stasiun Sasaksaat (14.33), Stasiun Cilame (14.47), Stasiun Padalarang (15.07), Stasiun Gadobangkong (15.15), Stasiun Cimahi (15.22), Stasiun Cimindi (15.28), Stasiun Andir (15.35, langsung lewat), Stasiun Ciroyom (15.39), dan perjalanan saya pun berakhir di Stasiun Bandung pada pukul 15.51 WIB. Setelah itu, tentu saja kereta api lokal Purwakarta-Cibatu meneruskan perjalanannya menuju Cibatu.

Perjalanan kereta api lokal Purwakarta-Cibatu dan trayek sebaliknya ini dikenal sebagai kereta api yang berjalan lambat. Harap maklum, kereta api lokal ini berhenti di setiap stasiun dan terhambat oleh persilangan kereta api trayek lain.

Namun, di luar rasa kecewa atas keterlambatan kereta api, para penumpang sebetulnya disuguhi pemandangan indah sepanjang perjalanan, seperti perbukitan, perkebunan, persawahan, jalan tol Cipularang, jembatan kereta api, dan terowongan. Kalau mau disebutkan, perhatikanlah jembatan Cisomang di antara Stasiun Cisomang dan Stasiun Cikadongdong serta terowongan Sasaksaat di antara Stasiun Maswati dan Stasiun Sasaksaat.

Jadwal kereta api lokal Cibatu-Purwakarta/Purwakarta-Cibatu: Dari Cibatu jam 06.00 WIB (Cibatu-Purwakarta) dan dari Purwakarta jam 13.00 WIB (Purwakarta-Cibatu).

8 Tanggapan to “Dari Purwakarta ke Bandung Naik Kereta Api Lokal Purwakarta-Cibatu”

  1. apakah keretanya cuma melanyani sekali perjalanan saja dalam sehari yang tertulis dalam cerpen jam 13.00 setelah itu kereta istirahat dan kembali membawa penumpang jam 13.00 esok harinya? jadi cerita itu menjadi informasi jadwal kereta api

  2. kalau dari arah bandung kereta ini berhenti di plered jam brp ya?

    • Tidak tentu. Dalam dua tulisan tentang itu di sini, dari Stasiun Bandung, saya sampai di Stasiun Plered pada pukul 11.41 WIB dan 11.57 WIB. Kalau yang tidak diceritakan di sini, saya lupa lagi. Mungkin sekitar itu.

      Soalnya, kadang kereta api Cibatuan ini berangkat tepat waktu. Namun, saya juga pernah mengalami kereta api ini berhenti di Stasiun Bandung selama 1 jam. Bahkan, saya juga pernah menunggu 1,5-2 jam. Berhenti di sini artinya kereta api ini sudah tiba di Stasiun Bandung, tetapi ngetem dulu. Meskipun begitu, sampai di Stasiun Purwakarta tetap pukul 12.30-an. Jadi, di Stasiun Plered mungkin menjelang pukul 12.00-an.

  3. kalau dari stasiun purwakarta ke bandung ga ada lagi jadwal selain jam 13:00

  4. knapa jadwal KA pwk-bandung gk ada yang subuh ya?? jadi susah buat yang baru mau ke bandung ni. jadwal k kawasan harus sampe jam 8 pagi,

  5. kalaw bisa keretanya di tambah jadi biar bisa berangkat 2x dalam satu hari,karena banyak masyarakat yang menggunakan kereta,selain murah aman dan cepat.lumayan untuk warga kelas menengah seperti saya.dan juga buat securty untuk lebih optimal,mengawal kereta api ini.trima kasih pt KAI,semoga ini menjadi bahan pertimbangan.agar masyarakat kita,lebih mencintai transfortasi rakyat.yang murah nyaman dan aman.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: