Dari Jakarta ke Bandung Naik Kereta Api Argo Parahyangan

Ini sebetulnya cerita perjalanan saya pada 19 hari yang lalu. Tepatnya, Kamis, 10 Januari 2013. Saat itu, saya sudah berada di Stasiun Gambir. Tujuan pemberangkatan saya, yaitu dari Jakarta ke Bandung. Tentu saja saya akan memakai Kereta Api Argo Parahyangan trayek Stasiun Jakarta (Gambir)-Stasiun Bandung (Hall).

Saya pun mulai mengantre tiket. Inginnya sih tiket bisnis saja. Harganya Rp 50.000,- Namun, karena tiket bisnis sudah habis untuk pemberangkatan jam 17.50 WIB, saya pun membeli tiket eksekutif Rp 80.000,-

Setelah membeli tiket, saya pun mulai memasuki peron. Di sini ada security. Seperti biasa, karena Stasiun Gambir ini terdapat beberapa jalan menuju ruang atas, saya selalu bertanya kepada security tentang nomor ruang. Soalnya kalau salah nomor ruang, saya harus turun lagi ke bawah untuk kemudian naik lagi ke nomor ruang yang lain. Kereta api di sini kan menempati jalur relnya berbeda-beda. Pengalaman saya, kadang di sisi kiri dan kadang di sisi kanan.

Sebelum itu, setelah diperiksa security, tiket saya diperiksa oleh dua orang petugas yang duduk di meja. Biasanya, untuk mencocokkan nama di KTP (atau kartu identitas apa pun) dengan nama di tiket. Ini memang “gaya baru” setelah PT KAI membenahi perkeretaapian. Istilahnya boarding pass.

Akhirnya, kereta api Argo Parahyangan yang saya naiki berangkat pada pukul 18.03 WIB dari jadwal pukul 17.50 WIB. Di dalam kereta yang saya naiki tampak lowong penumpang. Selain itu, dalam perjalanan, dari pengeras suara terdengar (kira-kira): “Saat ini kereta api Argo Parahyangan tidak memberikan konsumsi. Namun, anda boleh memesan ke petugas kami.”

Ya, konsumsi memang tidak diberi. Dalam perjalanan itu pula, sang pramugari yang cantik itu menawarkan beberapa menu. Beberapa saat kemudian, ada pula seorang laki-laki yang menawarkan produk. Saya lupa nama produknya.

Kereta api Argo Parahyangan yang saya naiki tiba di Stasiun Bandung pada pukul 21 lebih.

4 Tanggapan to “Dari Jakarta ke Bandung Naik Kereta Api Argo Parahyangan”

  1. berapa lama perjalanan kebandung naik kreta yaa? kalo mau kecipanas trus distasiu mana yaa?

  2. Seru ya bisa naik kereta ke Bandung. Anda ingi berlibur ke Bandung dengan naik kereta? Mau tahu caranya? Mampir yuk ke http://sebandung.com/2014/04/liburan-ke-bandung-naik-kereta/ untuk tahu informasinya.


Tinggalkan Balasan

